Mukena Bali

Mukena Bali

mukena-bali

Mukena Bali

MUKENA BALI : Terlihat nama ini terdengar di pendengaran saya agak sedikit aneh, kenapa aneh, kita ketahui daerah Bali itu mayoritas penduduknya non muslim, tapi kenapa nama Mukena Bali begitu terkenal di kalangan muslimah. Mungkin inilah toleransi masyarakat Bali yang sudah terkenal toleransinya dalam beragama.

Dimanakah pusat lokasi penjualan di daerah Bali, di daerah sentral pasar tradisional di Pasar Sukawati – Gianyar dan Pasar Kumbasari , Denpasar adalah tempat strategis Mukena Bali di jual.

Seperti diketahui bahwa dua lokasi tersebut adalah tempat tujuan berbelanja oleh oleh bagi tamu Internasional maupun Domestik dari seluruh Nusantara,yang kemudian  secara tidak langsung mempunyai peranan yang cukup besar didalam mempromosikan di Indonesia.
Seiring berjalanya waktu , kebutuhan pasar  terhadap produk Mukena Bali semakin tahun semakin meningkat  dengan lebih banyak corak dan motif Mukena yang bervariatif.  Dan produsen atau garmen besar  dari luar Bali pun  melirik untuk  memproduksi dan bersaing didalam  mengambil peluang ini khususnya 2 -3 bulan sebelum menjelang Puasa Ramadhan Lebaran Idul Fitri.
Sekarang sista dan bunda bisa menjumpai pedagang atau pengusaha kecil semakin banyak   di area Denpasar semakin marak ikut menjajakan  ,  saya  bahagia karena peluang ini benar benar diambil oleh pelaku Usaha Kecil karena mereka adalah partner penjual Mukena produksi saya.
Bahan Kain : ada beberapa macam jenis material kain yang digunakan untuk membuat Mukena   ( sutera , katun, rayon, dll) , tetapi dalam tulisan ini saya hanya membahas meteril yang saya gunakan yaitu  Kain Rayon kualitas satu atau disebut Rayon Janger.
Motif  dan Jenisnya ,Produk keunggulan adalah Motif atau corak yang unik atau  natural , motif ini lebih diminati oleh pelanggan sebagian besar di Indonesia ,Motif Bunga Bunga, Motif Tatto dan Motif Lukis. Sedangkan Jenis Mukena Bali , dikategorikan berdasarkan Model yaitu Mukena Model Standar dan Mukena Model Rempel . Untuk Kategori Ukuran Mukena Bali, terbagi dalam beberapa definisi  yaitu Ukuran Reguler/Standar, Ukuran Jumbo , dan Ukuran Super Jumbo
Kualitas  buatan Asli Bali mempunyai keuunggulan di kualitas jahitan , indikasi  tehnis ini karena dalam proses pengerjaan jarit dilakukan secara Home Industry dengan mengandalan tehnik SDM (penjahit)  dari pada tehnology Mesin Jahit , sehingga hasil akhir dari kualitas jahitan lebih dinamis , rapat dan kuat, hal ini tentunya berdasar review saya pribadi selama hampir dua Tahun dalam menggeluti produksi Mukena Bali.
Harga  Mukena Bali, definisi Harga Mukena Bali terbagi dalam beberapa kategori  baik Online maupun Offline , yaitu Harga Distributor  atau Harga Agen , Harga Reseller  dan Harga Eceran atau Retail. Channel tersebut yang akan membedakan perbedaan besar kecilnya  keuntungan Usaha.
Keuntungan Bisnis Mukena Bali , berkisar diantara  10% s/d 30 % tergantung dari strategy didalam melakukan bisnis Mukena Bali , apakah lebih berperan di Volume transaksi atau High Profit Transaksi , semuanya kembali ke keberanian dan intuisi anda masing masing tentunya,
Diatas saya telah bahas panjang lebar tentang mukena bali, tapi kita belum tahu sejarah dari mukena bali itu sendiri
SEJARAH MUKENA BALI ASLI

Disebut Model Mukena Bali karena mukena ini pada mulanya diproduksi di Bali dengan motif-motif yang khas Bali pula. Yang awalnya mukena bali ini muncul karena adanya kreasi mukena yang didesain dengan corak dan motif bunga khas bali. Saat itu, kreasi model mukena bali ini masih dijual secara terbatas di pasar tradisional kota Denpasar.

Namun seiring berjalannya waktu, pasar yang telah menjadi salah satu pusat belanja para turis lokal maupun mancanegara tersebut tentu memiliki peran dan pengaruh yang besar untuk mengenalkan mukena bali sehingga mukena ini pun menjadi sangat populer diIndonesia hingga saat ini.

KEUNGGULAN 

Tentunya merupakan produk asli pulau Bali yang kini telah banyak dijual dibeberapa pasar di Indonesia bahkan mancanegara. Lalu, keunggulan  yang utama dan paling utama yaitu terletak pada bahan kainnya.

Lalu, keunggulan lainnya, terletak pada penampilannya yang menarik karena telah didesign dengan berbagai macam corak dan motif yang cantik dan indah juga enak dipandang.

Juga, karena mukena ini asli buatan Bali, maka bisa dipastikan bahwa jahitan  ini cenderung rapi , dinamis, kuat dan tidak berjarak karena dikerjakan langsung secara industry home oleh para penjahit. Tentunya, kualitas penjahit secara manual pasti lebih tinggi dibandingkan dengan kualitas mesin yang terkadang cenderung tidak rapi dan kuat.

BAHAN 

Umumnya dibuat dari bahan rayon, tentu saja dengan berbagai tingkatan grade bahannya. Sedangkan motif-motif khas Bali yang dipakai pada mukena ini biasanya dibuat dengan teknik printing.

Namun, ada juga yang terbuat dari bahan katun, sutera,dll. Bahan mukena bali yang paling populer di gunakan oleh wanita muslimah ialah model mukena bali dengan bahan rayon karena bahan rayon ini tidak mudah kusut dan nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama.

VARIAN 

Jika berbicara mengenai model, mukena bali memiliki 2 varian model, yaitu:
1. Model Standar
2. Model Rempel

Bisa dibedakan berdasarkan pada motif dan ukurannya.
Beberapa pilihan motif pada mukena bali ini yaitu:
1. Motif Bunga
2. Motif Lukis
3. Motif Tattoo

Dibedakan berdasarkan ukuran, mukena bali ada yang berukuran:
1. Ukuran Mukena Standar
2. Ukuran Mukena Semi Jumbo
3. Ukuran Jumbo
4. Ukuran Mukena Super Jumbo

KISARAN HARGA 

Karena Mukena Bali memakai teknik printing dalam pembuatannya itu, harga relatif lebih murah dibanding mukena bordir, baik bordir komputer seperti pada mukena Tasik, maupun bordir manual pada mukena Padang.

Memiliki kisaran harga terjangkau, yaitu hanya dengan uang 200rb-an saja, anda sudah bisa memilikinya kini. Biasanya, harga mukena bali juga dibandrol dari 100rb sampai 250rb-an rupiah.

CARA MENGETAHUI MUKENA BALI ANDA ASLI ATAU PALSU

Inilah pokok artikel 1 langkah praktis mengetahui yang akan segera saya beberkan. Langsung cek mukenanya setelah ini ya. Asli atau ternyata tiruan (baca: palsu) hehe..

Di era Globabalisasi modern ini, apa yang tidak bisa dilakukan coba? Termasuk Peniruan. Lah ko bahas peniruan sih? Iyaa, karena di 2016 ini, banyak ditemukan mukena bali yang PALSU atau TIRUAN. Atau, istilahnya sekarang itu barang KW.

Masa iya mukena pun ditiru? Ya namanya juga ada kemajuan teknologi, jadi apapun bisa dilakukan oleh siapa saja untuk bisa memuaskan hasrat nya. Terutama meniru sesuatu yang menurutnya bisa untuk ditiru.

Jadi, hati-hati ya dalam membeli yang asli karena sekarang banyak mukena bali tiruan. Nah, lalu bagaimana dong cara membedakan asli dan tiruan?

Begini caranya:
Mukena bali asli memiliki warna ungu dan tosca dan warna favorit lainnya yang tidak mudah luntur. Jika Anda membeli mukena yang juga dicap sebagai mukena Bali namun setelah dicuci pertama kali dan selanjutnya selalu luntur, hal ini bukanlah mukena asli

Warna dan motif tidak mudah hilang atau luntur karena dicuci. Motif dan juga warna mukena Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, dengan motif yang cantik itulah dan dibalut dengan warna yang indah, mukena Bali menjadi populer dikalang masyarakat. Tapi,  yang palsu pastinya memiliki bahan yang berbeda dari yang asli.

Ciri-ciri khas memiliki bahan yang berkualitas, bahannya tebal dan terasa adem saat digunakan. Bahan yang digunakan  palsu adalah bahan kain tipis, motif dan warnanya terkesan norak.

Memang kadang sulit dibedakan antara  asli dan palsu, apalagi motif dan modelnya sama, namun bahan dan harga bisa membedakan antara asli dan palsu.

Harga yang asli jauh lebih mahal dibadingkan harga yang palsu. Palsu harganya jauh lebih terjangkau karena bahan yang digunakan juga berbeda dari aslinya. Yang jelas, Anda harus mengetahui ciri-ciri khas yang asli sebelum membawanya pulang.

Yang asli nyaman digunakan dan bisa menutup seluruh bagian tubuh kecuali muka. Dengan memilih yang asli maka Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat beribadah. Yang asli memang nyaman dan membuat ibadah Anda semakin khusuk.

RAHASIA DIBALIK MUKENA LEMBUT, NYAMAN, LUWES DAN ADEM

Berbeda dengan mukena bali, ternyata ada di luar sana yang luput dari pandangan kita. Tetapi sebenarnya, anda mungkin sudah cukup familiar dengan mukena ini. Tetapi karena belum peka seperti kata anak kekinian sekarang, hehe kita jarang mengetahuinya.

Ya. Ada juga mukena yang tidak hanya bisa dibawa ketika ibadah saja tetapi bisa juga dibawa saat travelling dengan lega dan tanpa ribet. Tetapi, nilai plusnya bukanlah di sana. Apa yang menjadi nilai kelebihan mukena ini?

Lembut, nyaman, luwes dan adem juga menambah rasa khusuk ketika beribadah merupakan salah satu impian kita sebagai muslimah. Pertanyaannya adalah, apa kah ada mukena seperti ini? Ada!

Selain itu jg didukung dgn design, motif dan pilihan Warna yg lebih elegant, mature dan ekslusif untuk wanita range umur 35-45 tahun dengan mukena jenis Nova dan Diva.Karakter Tatuis adalah warna ceria dan motif flowery dalam setiap designnya.

Kami juga menyediakan Mukena Katun Jepang loohh..

MAU BELI

Kalau ukhti and umi berminat silakan hubungi ghirah.com , in shaa Alloh kami akan melayani anda dengan senang hati. Jazakillah..

Share this post

Comments (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *