Baju Gamis

Baju Gamis

Baju Gamis : Apa Itu Gamis ? Baju Gamis adalah satu potong pakaian muslim wanita dengan model lurus, panjang dan longgar menutupi seluruh badan mulai dari dada sampai mata kaki, sehingga pemakainya tidak harus mencari atasan atau bawahan karena sudah dalam satu kesatuan.

Baju GamisWalaupun gamis tergolong dalam pakaian yang sederhana dari segi pola namun busana ini banyak dipercantik oleh para designer dengan memainkan perpaduan warna, bahan, motif-motif di baju atau bahkan dilengkapi dengan sehelai selendang sehingga baju terkesan lebih mewah.

Pengertian busana gamis adalah pakaian muslim wanita (muslimah) dengan model baju menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Busana Gamis (Abaya) awalnya berupa jubah hitam yang biasa dikenakan oleh perempuan muslim di wilayah semenanjung Arab.

Ingat gamis itu sifatnya unisex, artinya bisa dipakai laki – laki dan perempuan.

Busana gamis adalah salah satu busana klasik yang sudah ada sejak jaman dahulu. Sejarahnya bermula dari daerah Timur Tengah dan banyak dikenakan oleh bangsa Arab

Gamis adalah jenis busana muslim yang awalnya berasal dari timur tengah yang dikenakan oleh pria maupun wanita.

Namun, gamis untuk pria lebih mempunyai model klasik yang biasanya hanya terdiri dari warna hitam atau putih dan panjangnya hanya sampai mata kaki, sementara untuk gamis wanita saat ini modelnya lebih beragam dan panjangnya menutupi kaki.

Selain itu ada perbedaan untuk kedua jenis kelamin tersebut, kalau khusus wanita kaya warna, sedangkan khusus pria warnanya kebanyakan hanya putih

Berdasarkan etimologi kata gamis berasal dari bahasa Arab yaitu “qomish”, artinya pakaian terusan dari bagian atas tubuh sampai pertengahan betis atau mata kaki.

Namun, kata qamish tersebut telah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi gamis dan mengalami pergeseran makna.

Dalam KBBI, gamis bermakna kemeja, hal ini merujuk pada pakaian panjang ala Pakistan yaitu baju kemeja yang panjangnya sampai ke paha atau lebih ke bawah sedikit.

Sedangkan, pakaian yang dikatakan qamish sering disebut jubah.

Asal gamis memang berasal dari timur tengah, tetapi sudah tidak aneh lagi jika digunakan di Indonesia, bahkan sudah mendarah daging dengan masyarakat Indonesia, karena sudah hingga ke pedalaman Indonesia.

Gamis adalah model busana yang banyak dipilih oleh wanita muslimah di Indonesia pada umumnya.

Pada kalangan Muslimah Indonesia, baju gamis sering diidentikkan dengan pakaian atau baju kurung wanita, yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh wanita, dari bagian pundak, sampai ke bagian kaki, pakaian potongan tidak termasuk ke dalam baju gamis.

Mungkin ada definisi yang berbeda dengan kalimat tersebut, tetapi mungkin intinya tidak jauh berbeda.

Begitu sederhananya kata gamis, tetapi rupa dan modifikasinya sangat beragam, corak dan motif sangat beragam, sangat beragam sekali.

Sepertinya tanpa iklanpun baju gamis akan tetap jaya dan terus berkembang, karena para wanita muslimah itu sendiri yang mengiklankannya.

Saat ini karena modelnya sudah sangat banyak dan dibuat dengan gaya modern namun tetap sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Islam, yaitu tidak memperlihatkan aurat seorang wanita.

Gamis juga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, tinggal kita sesuaikan saja modelnya.

Alhamdulillah, di negeri kita, terutama di kota-kota yang banyak ahlussunnahnya, pemakaian gamis mulai tersebar, sehingga gamis pun kini tidak menjadi pakaian yang asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *